Blog yang Lagi Belajar

TIPS Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Posted on: September 13, 2009

Lebaran mo tiba nih , Mudik ke kampung sudah jadi kebiasaan & tradisi bangsa Indonesia. Pada saatnya nanti banyak rumah ditinggal penghuninya..  dan ditinggal kan kosong. Kota ditinggal penduduknya.

Nah untuk karena itulah banyak rumah kosong, aksi kejahatan pun banyak terjadi. dan tidak hanya kejahatan kegelaan rumah seperti kebakaran pun banyak terjadi.

Untuk itu perlu kerjasama dengan tetangga sekitar. Warga yang mudik bisa menitipkan kunci pada tetangganya, minta tolong untuk mematikan lampu pada siang  hari. Kegiatan siskamling juga harus digiatkan. “Yang penting, jangan memberikan tanda-tanda ke orang asing bahwa rumah dalam keadaan kosong,”  (biasanya pencuri bs menebak rumah kosong tidaknya dari lampu yang tetap menyala)

Ada beberapa tips yang banyak dipakai orang saat mudik diantaranya :

1

Sebelum meninggalkan rumah jangan lupa mencabut selang gas serta kompor, mematikan PAM dan semua aliran listrik yang tidak digunakan serta hal-hal lainnya yang sekiranya dapat menimbulkan bahaya.

2

Pastikan pintu dan jendela rumah Anda terkunci. Jika perlu, pasang alarm atau kamera tersembunyi (CCTV) di area-area tertentu untuk mencegah pencuri masuk ke rumah.

3

Agar tidak menarik perhatian pencuri, gunakanlah lampu LED yang menyala otomatis saat malam hari dengan memakai sensor cahaya. Anda tidak perlu repot menyalakan atau mematikan lampu, karena lampu akan menyala sendiri menjelang maghrib.

4

Jangan meletakan barang-barang berharga seperti uang dan perhiasan di lemari rumah Anda. Sebaiknya uang dan perhiasan disimpan di bank atau rumah pegadaian agar lebih aman.

5

Laporlah kepada ketua RT/RW setempat tentang kepergian Anda. Berikan pula nomor telepon genggam yang bisa dihubungi. Apabila terjadi hal-hal darurat Anda akan mudah dihubungi.

6

Titiplah rumah Anda kepada tetangga terdekat yang tidak mudik. Langkah tersebut dilakukan karena hanya Anda dan tetangga yang sangat mengetahui keamanan lingkungan sekitar.

7

Informasikan kepada petugas keamanan di lingkungan sekitar mengenai rencana mudik Anda. Mintalah bantuannya agar berkeliling mengontrol rumah Anda.

8

Mintalah bantuan seseorang untuk memeriksa rumah Anda beberapa hari sekali. Sekaligus minta bantuannya untuk membersihkan rumah. Sebab pencuri tahu betul rumah yang tidak terawat biasanya tidak berpenghuni.

9

Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, titiplah ke tempat penitipan hewan agar hewan kesayangan Anda tidak terlantar atau Anda bisa juga menitipkannya kepada orang terdekat.

10

Jika Anda berlangganan koran atau majalah, beritahukan kepada agen koran dan majalah untuk tidak mengirimkannya selama Anda pergi. Ini untuk menghindari penumpukan koran dan majalah saat rumah ditinggal mudik.

Demikian moga bermanfaat

dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: